30 Big Ideas, Trends and Predictions for 2012

Sumber: http://www.businessnewsdaily.com/1849-business-trends-2012.html

Artikel ini mengulas berbagai prediksi ide atau tren dalam dunia bisnis pada tahun 2012. Prediksi ini merupakan kumpulan dari pendapat berbagai pemilik usaha kecil. Dari berbagai pendapat pemilik bisnis, dapat terlihat bahwa teknologi merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam mendukung kemajuan bisnis pada era ini. Teknologi dapat digunakan untuk menciptakan inovasi produk baru atau sekedar mendukung bisnis yang sudah ada.

Salah satu contoh perusahaan yang dipengaruh oleh kemajuan teknologi dalam inovasi produknya adalah Apple. Website sekarang dapat diakses dengan mudah pada televisi dan didukung dengan kemampuan perintah suara oleh pengguna untuk navigasi web. Apple dikabarkan akan memunculkan sebuah televisi yang didukung dengan antarmuka yang lebih sesuai untuk digunakan pada ruang keluarga. Selain produk perangkat keras, perangkat lunak pastinya menjadi salah satu segmen yang sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi. Salah satu contohnya adalah, proximity-based social networks. Social network ini mampu mengidentifikasi orang-orang di sekitar kita yang memiliki pemikiran yang sama dengan kita. Saat kita sedang berada di angkutan umum atau menghadiri sebuah seminar, smartphone kita akan mengidentifkasi orang-orang di sekitar yang mungkin kita kenal. Dengan demikian, smart device kita akan berubah menjadi salah satu cara untuk bertemu dengan orang-orang baru di dunia nyata, membangun jaringan, menyewa orang, marketing, dating, dan interaksi antar manusia lainnya (Ken Gaebler, Walker Sands Communications).

Produk jasa juga menjadi target dari berbagai pemilik usaha. Salah satunya adalah cyberinsurance. Tujuan dari produk ini adalah melindungi pencurian data dari usaha kecil. Data dari usaha kecil lebih terekspos daripada usaha besar. Konsultan, yang menjadi area berkembang di bidang teknologi sejak dulu juga akan semakin berkembang. Sejalan banyaknya organisasi mulai menggunakan model cloud computing, penyebaran teknologi, pengaturan kantor cabang, dll, kebutuhan untuk mengetahui keadaan jaringan sekarang dan pembuatan rekomendasi untuk peningkatan teknologi menjadi penting untuk memiliki keuntungan dalam persaingan (Heinan Landa, Optimal Networks).

Sedangkan sebagai pendukung bisnis, teknologi digunakan untuk meningkatkan customer service. Dengan dukungan internet, pelanggan bisa berbelanja dengan berbagai cara. Berbelanja secara online, di toko, secara online pada saat di toko, secara online dan mengambil langsung di toko bisa dilakukan oleh pelanggan. Maka itu, pemisahan antara online shopping dan brick-and-mortar akan perlahan ilang (Mark Grondin, Shopatron.com). Saat ini, sosial media menjadi salah satu tempat favorit orang untuk berinteraksi. Fokus dari para pemilik usaha pada tahun 2012 adalah understanding chatter. Berbagai informasi dapat diketahui melalui data-data yang diciptakan oleh orang melalui interaksi secara online. Informasi ini dapat digunakan untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan atau mengarahkan penjualan (Neil Rosen, eWay Direct).

Namun, tidak semua tren didasarkan oleh teknologi. Ada beberapa prediksi tren bisnis yang tidak terpengaruh. Contohnya adalah kerjasama antara pemerintah dengan sektor swasta. Pada tahun 2012, pemerintah tidak akan menyediakan layanan dasar, untuk kebaikan pihak swasta. Pemerintah telah mengeluarkan biaya yang sangat banyak, sehingga harus melepaskan bebannya dan pihak swasta memberikan layanan yang lebih baik dari pemerintah dan menuntut harga dengan bijak. Selain itu, industri franchise akan mengalami peningkatan. Setelah beberapa franchise sukses membuktikan sebagai model bisnis, banyak orang ingin untuk memulai franchise karena lebih memberikan garansi dibandingkan memulai bisnis sendiri dari awal. Ada banyak franchise yang dapat dibangun dengan biaya kurang dari $10.000 dan akan lebih banyak lagi bermunculan pada tahun 2012 (Dan Martin, IFX). Perusahaan Cina juga akan menjadi pesaing baru pada pasar global. Perusahaan ini mulai muncul di pasar Asia, Amerika Latin, dan Afrika. Namun, dengan cepat mulai bersaing di pasar negara berkembangan seperti Amerika Utara dan Eropa. Karakteristik umum perusahaan China ini adlah kemampuan untuk menawarkan produk yang kualitasnya mendekati baik tapi dengan harga yang sangat menarik (George F. Brown, Jr., David G. Hartman, Blue Canyon Partners. Inc.).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s