Movie Review: Leverage

Leverage

Title: Leverage

Airdate: 2008 – 2012

Genre: action, crime, mistery

Cast: Timothy Hutton, Gina Bellman, Christian Kane, Beth Riesgraf, Aldis Hodge

Sometimes, bad guys make the best good guys. We provide….leverage.

Serial TV ini menceritakan sekelompok orang yang terdiri dari mantan-mantan top-kriminal yang memiliki spesialisasi, misal Hitter(Elliot Spencer), Hacker(Alec Hardison), Grifter(Sophie Deveraux), Thief(Parker)dan dipimpin seorang mantan investigator asuransi sebagai brains(Nathan Ford) dalam menghukum para tirani.

Petualangan kelompok ini dimulai ketika Victor Dubenich, seorang pengusaha pesawat terbang, meminta Nathan Ford memimpin sekompolan top-kriminal untuk mencuri kembali rancangan pesawat terbang yang telah dicuri oleh pesaingnya. Setelah berhasil mendapatkan rancangan tersebut, Victor menghianati dengan berencana membunuh Nathan dan timnya. Ternyata, Victor-lah yang ingin mencuri rancangan pesawat terbang tersebut. Beruntungnya, rencana Victor tersebut gagal dan Nate, panggilan Nathan, bersama timnya berusaha membalas dendam terhadap Victor.

Berawal dari sana dan ditambah dengan pengalaman buruk Nate terhadap kelakuan orang kaya dan berkuasa yang berbuntut kepada kematian anaknya, Nate bersama timnya memutuskan untuk membawa keadilan terhadap orang-orang tersebut.

Ada banyak hal yang membuat saya tertarik dengan serial ini.

Pertama, Nate sebagai mastermind dari tim ini selalu memiliki rencana-rencana yang “cantik” dalam menghukum orang-orang jahat. Nate menjebak lawan-lawannya untuk menyingkap kejahatan-kejahatannya. Meskipun rencananya tidak selalu berjalan mulus, Nate bisa membuat contingency plan yang pada akhirnya tetap mampu menjatuhkan musuhnya. Karakter Nate yang bisa berpikir dengan tenang dan kreatif dalam membuat rencana bisa membuat Anda takjub saat menonton. Sebagai seorang pemimpin, Nate mengetahui kemampuan dari setiap anggota timnya dan mampu memaksimalkan kemampuan dari tiap-tiap mereka. Nate juga memiliki karisma yang membuat anggota timnya loyal terhadap tim ini.

Kedua, moral kemanusiaan yang diberikan oleh serial ini. Dalam setiap ceritanya, Leverage tidak hanya memberikan aksi atau kekerasan, tapi juga memberikan pesan-pesan moral kepada para penonton. Secara umum, pesan moral yang diberikan adalah bahwa orang kaya ataupun orang yang berkuasa tidak bisa semena-mena kepada orang kecil. Namun, selalu ada pesan moral tambahan dalam tiap serinya.

Ketiga, kerjasama tim. Tim ini terdiri dari orang-orang yang bisa dibilang terbaik dibidangnya masing-masing. Kemampuan tiap individu saja akan membuat Anda takjub dengan aksi-aksinya. Namun, dibawah asuhan Nathan ford, kemampuan seorang hacker yang mampu meretas semua hal yang menggunakan teknologi komputer, seorang thief yang polos namun sudah terlatih sejak kecil untuk menembus semua sistem keamanan, seorang hitter yang ahli dalam pertahanan diri, seorang grifter yang bisa memperdaya targetnya untuk melakukan hal yang diinginkan, dikombinasikan untuk menutupi kekurangan individu dan menjalankan rencana dengan baik.

Keempat, cerita-cerita tambahan dalam keberjalanannya. Serial ini tidak selalu diisi dengan adegan-adegan serius atau pemikiran-pemikiran yang berat. Kisah cinta Hardison dan Parker, masa lalu dari Sophie Deveraux, atau persahabatan antara Hardison dan Elliot memberikan penyegaran tersendiri kepada penonton.

Jadi, bagi Anda yang ingin melihat modern-day Robin Hood atau ingin melihat rencana-rencana yang mengagumkan, saya anjurkan untuk menonton film ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s